Senin, 05 November 2012

Rangkuman Presentasi Karakteristik TIK, Lisensi Software, Pembagian Software

1.       Karakteristik TIK
Materi Teknologi Informasi dan komunikasi berupa tema-tema esensial, aktual dan global yang berkembang dalam kemajuan teknologi masa kini, sehingga mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan pelajaran yang dapat mewarnai perkembangan perilaku dalam kehidupan.
2.       Lisensi Software
-          Lisensi Commercial
Adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya.
-          Lisensi Trial Software
Adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif.
-          Lisensi Non Commercial Use
Biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial.
-           Lisensi Shareware
Mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta.
-          Lisensi Freeware
biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free/gratis.
-          Lisensi Royalty-Free Binaries
serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.
-          Lisensi Open Source
membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software.
3.       Sistem Operasi
Sistem operasi : sistem software yang bertugas untuk melakukan kontrol, penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software serta sebagai operasi dasar sistem (otak pada komputer). Dengan kata lain, sistem operasi merupakan software lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer saat komputer dinyalakan. Sedangkan software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan. Sistem Operasi akan menjamin aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu. Sistem Operasi juga melakukan layanan inti umum untuk software. Layanan inti umum yaitu seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sistem operasi terdiri dari 3 kelompok besar yaitu Microsoft Windows, Unix, dan Mac OS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar